Minggu, November 13, 2016

Cara Mengambil/mengekstrak File APK di Android (Tanpa Root) dengan Clean Master

File APK adalah file installer aplikasi untuk android, sama halnya dengan format file .exe untuk windows atau .ipa untuk Apple iOS. File apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi android tanpa harus mengunduh terlebih dahulu dari Google Play Store.


Cara paling mudah untuk mendapatkan file berekstensi APK adalah dengan mengunduh file apk dari situs downloader APK, namun tidak ada jaminan bahwa file yang anda unduh tidak bebas malware atau adware mengingat tidak semua penyedia layanan download itu “bebas dan bersih”. Cara lainnya adalah mengambil atau “mengekstrak” file apk dari perangkat android yang sudah memiliki aplikasi yang dibutuhkan.

Dengan mengambil file apk dari perangkat android, anda tidak perlu khawatir lagi tentang ke validan atau malware mengingat file apk diambil langsung dari aplikasi yang sudah ada. Untuk pengguna perangkat android yang sudah root, pengambilan apk bisa dilakukkan dengan cara sangat mudah. Pengguna cukup menggunakan file manager yang mendukung akses ke system android kemudian melakukkan copy file dari system/app atau data /app dan kemudian meletakkan hasil kopian ke SD card.

Dan untuk perangkat android yang belum root, untuk melakukkan proses ekstrak dan mengambil file APK kita akan menggunakan sebuah aplikasi android yang tersedia secara gratis dan bisa diunduh di Google Play Store. Nama aplikasi ini adalah Clean Master. Logika dari proses mengambil file apk dengan Clean Master, aplikasi tersebut akan melakukkan back up aplikasi dan mengetahui lokasi file apk tersebut sehingga anda bisa menggunakannya kembali.

Untuk panduan selengkapnya menggunakan Clean Master untuk mengambil file APK dari perangkat android, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan download aplikasi Clean Master secara gratis di google play store.

2. Setelah proses instalasi selesai, silahkan buka aplikasinya.

3. Pilih "alat" yang ada dibawah tampilan

4. Silahkan tap pengelola aplikasi

5. Selanjutnya, kalian tinggal centang aplikasi yang ingin anda ekstrak.

6. Kemudian klik cadangan

5. Selesai

Catatan tambahan, anda perlu mencentang bagian Unknown Sources yang terdapat pada Settings > Security jika anda ingin menginstall aplikasi melalui installer. Sekian untuk informasi kali ini, dan terima kasih sudah membaca.

Label: , ,

1 Komentar:

Pada 13 November 2016 pukul 19.44 , Blogger Unknown mengatakan...

wah makasih sangat berguna nih ..

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda